BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Saturday , November 25 2017
Home / Development / PELABUHAN, GERBANG PEMBANGUNAN EKONOMI

PELABUHAN, GERBANG PEMBANGUNAN EKONOMI

IDev, Jakarta - Pelabuhan sebagai infrastruktur pembangunan ekonomi, memiliki peranan penting. Sebelum era dirgantara berkembang pesat, sejarah mencatat, pelabuhan merupakan titik awal tumbuhnya suatu kawasan. Pelabuhan menjadi roda penggerak ekonomi melalui perdagangan antarwilayah maupun antarnegara.

Perkembangan pesat teknologi pesawat terbang dan teknologi informasi, menjadikan jauh lebih cepatnya pergerakan arus manusia, barang, jasa, serta ilmu pengetahuan, yang menembus batas-batas administrasi suatu wilayah atau negara. Peran pelabuhan kemudian lebih dilihat sebagai komplemen infrastruktur bagi salah satu moda transportasi.

Keunggulan sebagai infrastruktur bagi transaksi dalam volume besar, menjadikan pelabuhan sampai saat ini perananannya belum tergantikan. Meski perkembangan ekonomi di bidang kedirgantaraan semakin pesat dan bandara udara pun mengikuti irama yang sama, peranan pelabuhan sebagai trade hub masih akan tetap diperlukan di masa-masa mendatang.

Dalam konteks pembangunan kelautan, pelabuhan yang baik harus memenuhi syarat 3C, yakni comprehensive, coordinated dan continuing. Pelabuhan yang komprehensif akan menunjang ekonomi kelautan lainnya, yang akan mengurangi biaya transaksi sehingga menyebabkan pelabuhan lebih efisien dan memberikan manfaat ekonomi yang tinggi.

Pelabuhan memberikan jasa yang bersifat dinamis, maka kontinuitas pelayanan menjadi kunci utama pergerakan aktivitas ekonomi baik di kawasan pelabuhan itu sendiri maupun di wilayah sekitarnya. Banyak contoh bahwa lumpuhnya pelayanan pelabuhan laut akibat mogok atau kegagalan teknis, telah menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat signifikan.

Fungsi ekonomi pelabuhan laut juga tidak terbatas pada wilayah laut dan pantai, tetapi juga pada skala regional. Hal ini karena pelabuhan bukan saja melayani jasa transportasi, melainkan lebih dari itu menyediakan lapangan pekerjaan, pusat perdagangan, rekreasi, dock service, dan sederet aktivitas turunan yang dihasilkan dari suatu kegiatan ke kegiatan ekonomi lainnya, juga mampu menyediakan lapangan pekerjaan.

Indonesia memiliki peranan yang strategis karena letaknya dekat dengan persilangan rute perdagangan dunia, dilalui jalur pelayaran internasional timur-barat dan utara-selatan serta menganut konsep negara kepulauan. Maka dari itu, Indonesia harus mampu memainkan peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan regional dengan fokus pada perbaikan dan pemabangunan infrastruktur pelabuhan. (RSP)

The following two tabs change content below.
Indonesia Development Magazine

About Redaksi

Indonesia Development Magazine

Check Also

kapal

ISLA-UH MENYESALKAN RUSAKNYA TERUMBU KARANG RAJA AMPAT OLEH KAPAL PESIAR INGGRIS

IDev, Jakarta - Raja Ampat menjadi salah satu wilayah perairan di Timur Indonesia yang menyimpan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>