BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Saturday , November 25 2017
Home / Infrastructur / Pembangunan Infrastruktur, Optimisme Maluku Tenggara Barat
mtb

Pembangunan Infrastruktur, Optimisme Maluku Tenggara Barat

IDev, Jakarta – Di Era Kabinet Kerja, ambisi pemerintah dalam pemerataaan pembangunan infrastruktur merupakan program yang paling gencar dilakukan. Ambisi tersebut bukan tanpa alasan karena didasarkan pada cita-cita pembangunan nasional untuk melakukan percepatan pembangunan, meningkatkan produktifitas, daya saing, dan kesejahteraan rakyat.

Pembangunan infrastruktur selama ini hanya terpusat di Pulau Jawa (jawa sentris) dan menjadi salah satu kelemahan sistem yang terbangun dari jaman kolonial hingga era orde baru. Harus diakui, usaha pemerintah dalam merealisasikan program pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini terkendala pada terlambatnya penyerapan anggaran yang hingga kini hanya terserap sekitar 50%.

Pembangunan infrastrukur yang tadinya terpusat saat ini mulai merambah ke wilayah yang diprioritaskan dengan unsur tertinggal, terluar, dan terdepan (3T). Dengan membangun infrastrukur di wilayah 3T diharapkan secara bertahap pemerataan pembangunan dapat terlaksana. Hal ini juga dilaksanakan di sekitar wilayah Maluku, salah satunya di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Tahun 2015 di bawah pengawasan BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) serta koordinasi dengan 13 Kementerian, diadakan launching Program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (GERBANGDUTAS) di Saumlaki, Kabupaten MTB. Program ini memprioritaskan pembangunan infrastruktur di 3 Kabupaten perbatasan selatan Maluku, yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Aru, dan Kabupaten MTB sebagai basis program dengan nilai anggaran yang hampir menyentuh 2 Trilyun Rupiah.

Setelah setahun, beberapa program GERBANGDUTAS di Kabupaten Maluku Tenggara Barat mulai terealisasikan. Program tersebut di antaranya pembangunan jalan trans di 2 pulau terluar (P. Selaru dan P. Larat) dan di Pulau Yamdena sebagai basis pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara Barat sepanjang ±300 Km, pembangunan pelabuhan umum dan perikanan, pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi, pembangunan balai karantina perikanan, pembangunan bandara domestik, pembangunan sarana dan prasana kesehatan, pembangunan infrastruktur air bersih, penambahan infrastrukur pembangkit listrik, serta pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang diswakelolakan bagi masyarakat di wilayah pulau terluar.

Pembangunan infrastruktur yang terpadu ini akan mendorong peningkatan nilai potensi di sektor pariwisata, perikanan dan kelautan, serta perhubungan. Kabupaten Maluku Tenggara Barat mengandalkan potensi sumberdaya laut berupa kegiatan perikanan tangkap yang memiliki nilai sebesar 125 Milyar per tahun dan budidaya rumput laut sebesar 524 Milyar per tahun. Nilai ini akan meningkat jika infrastruktur dikelola dengan baik.

Menurut data BPS Provinsi Maluku tahun 2013, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, pernah menjadi kabupaten termiskin. Kini mulai optimis dengan adanya pembangunan besar-besaran terpadu infrastrukur. Seiring dengan hal ini, pelan-pelan keterisolasian akses di Kabupaten Maluku Tenggara Barat mulai terbuka, sehingga mampu menciptakan akses perekonomian yang lebih terbuka dan akan memancing pihak investor untuk menanamkan modalnya di daerah ini.

Diharapkan dalam 5 tahun ke depan, kabupaten yang terdekat dengan Australia ini bisa menjadi sentra perekonomian di wilayah selatan Indonesia. Segala potensi ini akan menjadi sia-sia ketika tidak diikuti dengan kesiapan sumberdaya manusia yang mampu untuk mengelola, memanfaatkan, dan menjaga fungsi keberlanjutan dari infrarstuktur yang dibangun. (JT/MAD)

The following two tabs change content below.
Indonesia Development Magazine

About Redaksi

Indonesia Development Magazine

Check Also

infrastruktur

Peran Infrastuktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

IDev, Jakarta - Infrastruktur di setiap negara merupakan hal yang sangat penting guna meningkatkan kesejahteraan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>