BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Thursday , September 21 2017
Home / idev / Proyek Large Hydro Pertama Hasil Kerjasama PT Nusantara Infrastructure
Lariang Mamuju Utara

Proyek Large Hydro Pertama Hasil Kerjasama PT Nusantara Infrastructure

 Proyek PLTA ini akan merupakan proyek Large Hydro pertama yang membuktikan komitmen Perseroan mensupport program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listik bagi masyarakat Sulawesi Barat.

Mamuju Utara, 28 September 2015 – PT Nusantara Infrastructure Tbk, entitas investor dan operator infrastruktur swasta terdepan di Indonesia, terus berupaya merealisasikan komitmen meningkatkan pelayanan terbaik bagi konsumen dan para pemangku kepentingan. Nusantara Infrastructure, berdiri sejak 2006, telah berhasil membangun dan mengembangkan lima pilar bisnis perseroan, yakni sektor jalan tol (Jakarta dan Makassar), sektor pelabuhan, sektor pengelolaan air bersih, sektor pembangkit energi terbarukan, sektor menara telekomunikasi. Melalui pilar bisnisnya, perusahaan melayani lebih dari 88 juta pelanggan, 500.000 rumah tangga, 170 pabrik dan 210 kapal dalam bisnis jalan tol,air, pelabuhan, energi dan menara telekomunikasi.

Sebagai upaya terbaru untuk mewujudkan komitmen meningkatkan layanan tersebut direalisasikan melalui bisnis unit strategis, yaitu PT Energi Infranusantara yang akan bermitra dengan perusahaan dari Norwegia, SN Power dan perusahaan dari Filipina, Aboitiz Power untuk melaksanakan Pembangunan PLTA berkapasitas 127 MW di Mamuju Utara dengan melaksanakan tahapan-tahapan yang lazim dilaksanakan untuk pembangunan Hydropower. Proyek ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Mamuju Utara, Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP yang telah memperpanjang Ijin Prinsip kepada PT Energi Infranusantara pada Agustus 2015 yang lalu.

SN Power adalah anak perusahaan dari perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah Norwegia yaitu Statkraft dan Norfund yang bergerak dalam membangun dan mengoperasikan hydropower. Misi SN Power adalah menjadi perusahaan hydropower terkemuka di sektor energi di negara-negara berkembang. SN Power telah mengakuisisi dan mengembangkan proyek hidropower di Afrika, Amerika Tengah dan Asia Tenggara. Pembangunan PLTA Lariang ini merupakan salah satu proyek awal SN Power di Indonesia.

Bersama dengan Aboitiz Power, sebuah perusahaan dari Filipina. Aboitiz Power adalah perusahaan induk untuk Aboitiz Grup berinvestasi pada pembangkit listrik, distribusi, retail dan jasa-jasa kelistrikan. Memiliki beberapa aset hydroelectrical, geotermal dan pembangkit listrik non-renewable di berbagai daerah di Filipina.

Ruswin Nazsir, Direktur Utama PT Energi Infranusantara mengatakan, untuk merealisasikan rencana pembangunan PLTA Lariang ini, Perseroan bersama-sama dengan SN Power dan Aboitiz Power hari ini melakukan pertemuan dan penandatangan MoA yang disaksikan oleh Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP, Bupati Mamuju Utara beserta jajarannya dan Mr.Ole Schanke Eikum, Commercial Counsellor dari Kedutaan Norwegia.

“PT Nusantara Infrastructure Tbk melalui perwakilan dari PT Energi Infranusantara berkomitment untuk membangun infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat Mamuju Utara dan hari ini kami melakukan pertemuan dan sosialisasi dari rencana kami tersebut. Kami percaya bahwa pembangunan dan pengadaan listrik ini akan menjadi satu kunci peningkatan ekonomi di Mamuju Utara, dengan luas wilayah 3.043,75 km2 yang jumlah penduduknya mencapai 215.345 jiwa. Kebutuhan akan ketersediaan listrik sangat penting bagi rakyat, karena listrik adalah infrastruktur hulu yang menjadi motor penggerak ekonomi” kata Ruswin usai melakukan pertemuan di kantor Bupati Mamuju Utara.

Proyek PLTA Lariang yang diperkirakan akan menelan biaya sebesar US$ 376 juta ini akan dimulai dengan pelaksanaan tahapan-tahapan yang mencakup Hydrology, Topography, Survei Geologi dan Dampak sosial pengerjaaan tahapan tersebut akan dilakukan oleh konsultan yang berpengalaman.

General Manager Corporate Affairs, Deden Rochmawaty mengatakan, kerjasama dengan para investor dari Norwegia dan Filipina tersebut sebagai bagian dari komitmen perseroan untuk memberikan kontribusi maksimal bagi shareholder dan seluruh stakeholder.

“Kami bersyukur bahwa investor global memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kami. Hingga saat ini Nusantara Infrastructure telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan kelas dunia. Selain membuktikan bahwa Good Corporate Governance perusahaan berjalan baik, hal ini menjadi strategi perusahaan untuk mengantisipasi proyek-proyek infrastruktur yang tengah dicanangkan pemerintah Jokowi dengan menggandeng mitra kerja yang kompeten dan ahli di bidang pengembangan renewable energy,” jelas Deden.

Bagi Nusantara Infrastructure kerjasama dengan SN Power dan Aboitiz Power merupakan suatu prestasi yang positif, karena perusahaan tersebut sangat selektif dalam memilih partner strategis untuk mengembangkan sayap bisnisnya di Asia Tenggara. Apalagi untuk SN Power ini adalah merupakan proyek awal mereka di Indonesia. Pemilihan Nusantara Infrastructure sebagai partner pertama mereka di luar negeri menunjukan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap Nusantara Infrastructure.

The following two tabs change content below.
Indonesia Development Magazine

About Redaksi

Indonesia Development Magazine

Check Also

infrastruktur

Peran Infrastuktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

IDev, Jakarta - Infrastruktur di setiap negara merupakan hal yang sangat penting guna meningkatkan kesejahteraan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>